Rabu, 13 April 2016

DESA WAHAU BARU PATUT DI CONTOH



Custom Search
Desa Wahau baru terletak di kecamatan Muara wahau sebai salah satu desa eks tranmigrasi sekitar tahun 80 an. Kini main memantapkan diri dengan di terbitkannya sebuah PERATURAN DESA atau PERDES.Tentang diaturnya penggunaan tanah Redis eks transmigrasi yang di  gunakan oleh warga.Dimana  kita ketahui bahwa Tanah Redis itu mutlak di kuasai pemerintahan desa yang bersangkutan,adapun jika diigunakan untuk keperluan meningkatkan kesejahteraan warga maka warga hanya bisa menggunakan tanah tersebut sebai hak guna pakai saja. Dengan dibangunya  BUMDES ,maka Bumdeslah yang mengatur keberadaan dan penggunaan tanah Redis tersebut. hingga tidak ada lagi kesenjangan sosial mengenai penggunaan tanah Redis tersebut. Seyogyanya hal ini bisa di turut oleh semua desa yang ada di kutim. Sehingga kesejahteraan itu akan terasa merata dan saling merasakan kegunaan dan keberadaan tanah redis itu,yang sebelumnya  tanah tersebut sepertinya banyak dimanfaatkan oleh orang perorang dan hasil dari penggunaan tanah tersebut hanya di nikmati  oleh orang perorang yang mempunyai modal besar,sehingga mampu menguasai hasil dari penggunaan tanah itu hanya untuk dirinya. Namun dengan di terbitkanya PERDES tersebut dan di atur  manajemennya melalui BUMDES maka kini masyarakat dapat menikmatinya secara adil dan merata.

KEPALA DESA WAHAU BARU Bapak Nurali. beserta ibu.


Foto Bersama seluruh kepala desa Kecamatan Muara wahau.

Kesuksesan apapun diawali oleh tekad dan kejujuran penuh, gotong royong masyrakat juga merupakan elemen penting yang harus menjadi tekad kuat dalam membangun desa. Adalah Kades Nurali, yang berhasil meyakinkan warganya dan selalu melibatkan warganya dalam hal pelaksanaan pembangunan di lapangan. Dia menjauhi sikap otoriter, namun tegas dalammenentukan kebijakan yang dibuatnya, bersama dengan mitra kerjanya, kades ini sedang dantelah membuat Perdes. Atau peraturan desa., Yang dapat dijadikan Acun, atau referensi sebagai produk yang berkekuatan hukum yang mengikat .Perdes yang dibuat dan disetjui oleh warga sebuah desa adalah sebagai bukti hasil kerja keras yang patut mendapat apresiasi dan penghargaan dari kita sebagai warga desa yang patuh hukum. Sebuah desa jika tanpa aturan yang dibuat, tentu akan membuat warganya dalam kondisi tidak menentu, saat menghadapi permasalahan .. Nurali menyatakan, produk peraturandesa yang dibuatnya bersama BPD dapat dipergunakan saat masyarakat membutuhkan, misalnya tentang, pertanahan didesa, koprasi desa, serta BUMDES Yang tentunya membutuhkan peraturan tambahan, yang harus disesuaikan sesuai situasi dan kondisi kebutuhan warga desanya 
Kondisi Jalan desa Di wahau baru prima
 Dari hasil pengamatan kami, semua jalan desa di Wahau baru ini telah dibetonisasi. sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warganya. Saat pembangunan jalan ini dilakukan oleh Kades terdahulu, itupun membuktkan bahwa para pmimpin desa ini memang mempunyi tekad kuat dalam rangka membangun dan mensejahterakan warga desanya.

Warga Wahau Baru Pekerja keras
Desa wahau baru Hampir tidak ada lagi warganya yang menganggur.Bahkan desa ini menyediakan banyak kesempatan kerja dan pengusaha baru.bagi warga pendatang, dengan catatan mereka pendatang harus terdaftar resmi di wilayah desa ini. Tentu sebagai tamu harus patuhi juga aturan desa ini.

Berbudaya gotong royong yang kuat.
Terbukti saat desa ini melakukan kegiaan HUT RI ke70.sukses besar. Warganya mau dan mampu mengumpulkan dana puluhan juta. untuk mendanai kegiatan ini.











IKLAN

TRAVEL MITRA NIAGA MUARA WAHAU

SEDANG DI PUTAR SAAT INI