Kamis, 31 Maret 2016

Muara wahau minim PAGELARKAN KESENIAN TRADISIONAL?




Dengan mengadakan dan menyelenggarakan  atau menanggap  hiburan jenis ini ,memang suatu keniscayaan sekarang ini. Mungkin jaman  sudah berubah,sehingga para seniman ini bekerja keras  untuk me tetap bisa tampil demi mengenalkan dan melestarikan jenis kesenian yang untuk ukuran  pesta hajat sebenarnya sangat cocok,sebagai inofasi ,yang saat ini panggung hiburan orang hajatan hanya di kuasai oleh jenis musik program atau elektone.
Rupanya kini ada trending baru di masyarakat muara wahau,yaitu setiap kali kami mengadakana atau di undang pesta ,untuk mengisi acara selalu di tampilkan seni budaya lokal yang selama ini tidak terjadi. karena mungkin tidak ada pelakunya atau tidak ada  senimannya.
Berbahagialah kita  para insan seni dan budaya,yang sekarang sudah memiliki sanggar seni atau sanggar budaya di desanya.
Artis seniman panggungpun kini mulai bervariatif.Kalau dulu dia malu dan minder untuk ikut tampil dalam kesenian tradisional,sekarang justeru mereka berebut untuk bisa tampil,atau sekedar tampil,bahkan tanpa dibayar sekalipun..
Mengingat  banyaknya anggota seniman yang harus tampil memainkan ,Maka biasanya para pengundang atau pemilik hajatanpun akan mengeluarkan biaya konsumsi tambahan. Heheheh kalau saya pikir  mungkin itu juga salah satu  kendala mengapa masyarakat pelaku hajat tidak mau mengundang group kesenian? tradisional? .
Siapa lagi yang akan melestarikan atau mengenalkan  seni budaya ini jika bukan dari para seniman sejati ,yang benar-benar tidak terlalu mengharapkan finansial berlebihan. Jika jiwa seperti ini masih tertata rapi dan bersih di hati para seniman tradisional di Muaara wahau? insya allah  jenis kesenian tradisional akan berjaya dan bisa diandalkan menjadi besar dan pada akhirnya bernilai jual mahal. Nah saat itulah klimaksnya para seniman untuk mendpatkan finansial dari hasil kerja kerasnya.

IKLAN

TRAVEL MITRA NIAGA MUARA WAHAU

SEDANG DI PUTAR SAAT INI