Selasa, 29 September 2015

ILMU DAN TEKNOLOGI

Bersama jokowi kita pasti bisa !!
Satelit LAPAN-A2 Sampai di Orbit, Siap Jadi 'Mata' Untuk Laut Indonesia
Nur Khafifah - detikNews
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) meluncurkan satelit buatannya, Lapan A2/Orari dengan menumpang dari satelit India, Astrosat. Setelah diluncurkan pukul 11.30 WIB, kini satelit Lapan A2/Orari telah berhasil menempati orbitnya.
"Lapan A2 sudah separasi," ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin di gedung Lapan, Jl Pemuda, Rawamangun, Jaktim, Senin (28/9/2015).
Tepuk tangan membahana terdengar dari ruangan tempat menyaksikan peluncuran live streaming di Lapan. Tampak di lokasi peluncuran di India, para ilmuwan juga bertepuk tangan tak kalah meriah.
LAPAN A2
Mereka langsung berdiri dan saling berpelukan. Wajah mereka tampak sumringah dan cerah.
"Sekarang tugas berat kita telah menanti. Ilmuwan di satelit Rancabungur, Bogor dan Biak, Papua sedang berusaha keras memantau perkembangan Lapan A2," ujarnya.
Baca juga: Satelit Pertama Bikinan Indonesia Diluncurkan, Tepuk Tangan Membahana
LAPAN A2 sebenarnya sudah selesai pada tahun 2012 dengan tahap perancangan, pembuatan, dan pengujian di dalam negeri. LAPAN A2 berbeda dengan 'kakaknya' yakni LAPAN A1/LAPAN-TUBSAT karena telah menggunakan teknologi satelit mikro, sehingga selangkah lebih maju.
LAPAN A2 diorbitkan dekat dengan equator atau garis khatulistiwa dengan inklinasi 6° pada ketinggian 650 kilometer. Misi dari satelit berbobot 78 kilogram tersebut adalah memantau permukaan bumi, identifikasi kapal laut, dan komunikasi radio amatir (ORARI).
Satelit karya anak bangsa ini dibenamkan kamera analog dengan resolusi 5 meter dan kamera digital dengan resolusi 4 meter. Satelit ini pun siap untuk menjelajahi Indonesia sebanyak 14 kali dalam sehari.
LAPAN A2 juga dibekali dengan Spaceborne Receiver Automatic Identification System dengan cakupan ribuan kilometer. Tentu saja teknologi ini ditujukan untuk memantau lalu lintas kapal, operasi keamanan laut, perikanan, dan eksplorasi sumber daya kelautan Indonesia. (kff/mad)

PERCEPATAN PENYALURAN DANA DESA NASIONAL

PERCEPATAN PENYALURAN DANA DESA 
Foto Nanik R. Cece.
WARGA DESA ..Se Indonesia.
Tolong diingatkan Kepala Desa masing-masing yaa °°°
Pemerintah Terus Upayakan PERCEPATAN PENYALURAN DANA DESA 
Hingga 25 September 2015, secara NASIONAL PEMERINTAH TELAH menyalurkan Dana Desa ke kabupaten/kota sebesar Rp16,69 TRILIUN, atau sekitar 80 PERSEN.
•》Namun demikian, baru SEKITAR 29 PERSEN atau Rp2,45 triliun Dana Desa yang TELAH DISALURKAN ke DESA.
•》“Berdasarkan laporan yang telah kami terima, dari 189 KABUPATEN/kota,
>> baru Rp2,45 TRILIUN Dana Desa yang telah disalurkan ke desa,
>> atau 29 PERSEN dari jumlah DANA DESA yang telah diterima di REKENING KAS KABUPATEN/KOTA,”
ungkap Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat sosialisasi Kebijakan Dana Desa di Kabupaten Buleleng, Bali pada Jumat (25/9).
•》MENKEU menambahkan, ada beberapa FAKTOR yang menyebabkan LAMBATNYA penyaluran Dana Desa DARI KABUPATEN/kota ke DESA, antara lain :
●● karena BELUM DISAMPAIKANNYA Peraturan Desa mengenai ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) oleh DESA kepada kabupaten/kota.●●
•》“Mengingat pelaksanaan tahun anggaran 2015 tinggal beberapa bulan, maka untuk mempercepat penyaluran dan penggunaan Dana Desa tahun 2015, Pemerintah telah menerbitkan SURAT KEPUTUSAN BERSAMA (SKB):
1. Menteri Dalam Negeri,
2. Menteri Keuangan, dan
3. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” ungkapnya.
•》Sesuai dengan SKB yang ditetapkan pada 15 September 2015 tersebut, BUPATI/WALIKOTA, diminta untuk paling tidak melaksanakan tiga hal.
1. Pertama, MEMBANTU/MEMBIMBING desa dalam menyusun
● APBDes, RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dan
● RKPDes (Rencana Kerja Pembangunan Desa).
2. Kedua, segera MENETAPKAN PERATURAN BUPATI/peraturan WALIKOTA mengenai pengelolaan keuangan DESA.
3. Terakhir, SEGERA MENYALURKAN DANA DESA ke REKENING KAS DESA apabila Desa sudah mempunyai Perdes APBDes.
•》“Sementara, KEPALA DESA diminta untuk segera :
1. MENYUSUN dan menetapkan APBDesa dan
2. membuat LAPORAN REALISASI penggunaan Dana Desa semester I dengan menggunakan contoh format sederhana yang telah diberikan,” tambahnya.(nv)

http://www.kemenkeu.go.id/…/pemerintah-terus-upayakan-perce…

IKLAN

TRAVEL MITRA NIAGA MUARA WAHAU

SEDANG DI PUTAR SAAT INI