Rabu, 22 Juli 2015

SUMBER DAYA MANUSIA DI MUARA WAHAU TERUS DI GENJOT DAN TERUS DI TINGKATKAN OLEH PEMERINTAH KUTIM LEWAT DINAS PENDIDIKAN



                EDITORIAL:

Lima belas tahun yang lalu Muara wahau hanya memeiliki 1 sekolah sma dan 1 smk.peserta didiknyapun sangat terbatas. dan minat melanjutkan ke jenjang pendidikan atas sangat minim .Maklumlah selain tingkat pertumbuhan ekonominyapun sangat lambat.Tetapi sekarang.. berkat kesuksesan Program GERDABANG AGRI yang di ciptakan oleh Bupati pertama dan kedua Kutai timur Yaitu bapak Awang Faroek Ishak? Maka pertumbuhan perekonoian Muara wahau sangat pesat,sehingga Muara wahaupun harus di mekarkan menjadi 2 kecamatan yang sekarang bernama kecamatan KONGBENG. Walaupun Usia kecamatan  baru namun perkembangan perekonomian rakyatnya jauh lebih pesat ketimbang kecamatan-kecamatan lain yang ada di sekitarannya. Itu disebabkan masuknya beberapa perusahan yang lama telah menopang kehidupan masyarakatnya untuk ikut bekerja di perhutanan ataupun di perkebunan sawit  bahkan sekarang di plasma perkebunan sawit yang luar biasa meningkatnya.
Kini sarana dan prasarana pendidikan di Muara wahau dan kongbeng sangat meningkat.terbilang ada 2 SMU negeri  dan 1 SMK negeri untuk kecamatan Muara wahau. Bahkan Kecamatan baru Kongbeng Telah mempunyai 1  SMU swasta dan 2 SMU negeri.,serta telah mempunyai 2 SMU negeri Dan 1 SMK swasta Serta 1 SMK negeri .itu sarana pendidikan tingkat atas. sebagai sample tolok ukur kemajuan pendidikan yang tersedia di Muara wahau dan Kongbeng.
Bahkan kini para pengelola sekolah atas itu makin bergairah dan berusaha merebut hati para calon siswanya dengan berbagai fasilitas pendidikan formal dan non formal, yang ditawarkan merka berloba menampung sebanyak banyaknya calon siswa yang mereka rekrut.







Nah..sekarng yang menjadi masalah adalah bagai mana caranya para pengelola pendidikan itu membuktikan rencana program kerja yang di tawarkannya itu,agar para orang tua siswa dan siswanya menjadi benar-benar menjadi siswa yang berkwalitas.menjadi Lulusan yang berprestasi..Tentu hal ini tidak bisa ditanggung sendiri oleh guru .. atau pengelola sekolah..Semuanya harus di dukung juga oleh Peran orang tua yang harus ikut menjaga kwalitas mental anaknya,dengan isyu gencar para pengguna NARKOBA>OPLOSAN..tentu ini menjadi tantangan tersendiri baik itu pendidik ataupun orang tua siswa.
Bukan hal mudah dan sepele,jika siswa atau anak mereka sudah kecanduan Oplosan? imbasnya akan sangat menghambat suksesnya pembentukan Sumber daya manusia di muara wahau dan kongbeng.

Masa depan Muara wahau dan Kongbeng akan sangat di tentukan oleh hasil didikan para pendidik dan skill serta mental anak didiknya.Juga dorongan kuat para ortunya.Yang tidak kalah kuat juga pengaruh Lingkungan tempat mereka mendapatkan dan menjalani pendidkan. kita sama sama berharap semoga isyu penggunaan Narkoba Terbesar terdapat di muara wahau dan kongbeng tidak menjadi jebakan untuk melemahkan mental anak bangsa ini.
Seyogyanya kita semua harus mendukung pencegahan pengguna Oplosan yang kian marak di wilayah kita,yang ternyata penggunanya bahkan sudah merambah sampai anak didik tingkat SMP..?
Mari bersama kita dukung  Gerakan ANTI OPLOSAN dan salah gunaan NARKOBA ,di wilayah kita demi terciptanya Pembentukan sumber daya manusia yang tangguh dan berkwalitas.














Ditulis oleh: Tria Nurhayati.

Kiriman dari : Tria Nurhayati 
Siswi SMKN Pertanian Muara wahau
Edited : Adien janwarie.

IKLAN

TRAVEL MITRA NIAGA MUARA WAHAU

SEDANG DI PUTAR SAAT INI